Kamis, 14 Mei 2009

M.I.M.P.I


Menurut saya, ada dua pengertian mengenai mimpi..
Pertama, mimpi yang menjadi pusat keinginan seseorang yang harus dikejar, atau kata lain disebut dengan cita-cita. Ada yang berkata “kejarlah mimpimu sampai ke negeri China.” Ngapain juga sampe China, toh China masih Asia-asia juga.. memangnya mau belajar Kung-Fu..?? Sama artinya dengan gantungkan cita-citamu setinggi langit..!!

Kedua, mimpi si “bunga tidur”. Mimpi yang biasanya datang ketika kita tidur lelap ataupun tertidur setengah-setengah.. Kadang mimpi sangat indah, misalnya mimpi menjadi seorang millionaire yang berlimpahkan harta dan tahta, atau bertemu dengan seorang pangeran gagah perkasa yang tampan dengan menunggani seekor kuda jantan yang tidak tertular flu kuda datang dari negeri entah berantah yang akan menjadikan seorang putri cantik bermahkotakan emas berlian, tentu saja dengan alur mimpi tidak seperti kisah nyata sang putri dari klantan manohara pinot yang penuh dengan trik dan intrik.. walaupun, terkadang mimpi indah selalu diakhiri dengan kekecewaan, karena terbangun dan menyadari bahwa itu bukanlah kehidupan nyata dan berkata “yaah Cuma mimpi” berharap semua adalah kenyataan.

Ada juga mimpi buruk, misalnya dikejar maling, orang gila, rentenaire, pocong, kuntilanak dan sejenisnya, atau dibunuh..!!! membuat kita terbangun terperanjat sambil berkata “aahhh..untung Cuma mimpi..!!”, tau mimpi jatuh ke jurng sehingga membuat seakan-akan dalam tidur kita pun ikut jatuh.. Geli rasanya dada jika bermimpi seperti itu, seperti menaiki Roller Coaster..

Lain lagi dengn mimpi yang menurut paririmbon jawa bahwa mimpi itu adalah sign atau pertanda.. misalnya (maaf) mimpi buang air besar pertanda akan celaka atau sial, dan orang tua dulu bilang cara menangkal kesialan tersebut dengan cara memberi tanda silang pada tanah yang ada di perempatan jalan..
Sampai ada kejadian, teman kecil saya bermimpi buang air besar, dan dia tertabrak sepeda pada saat sepulang sekolah..

Ada juga mimpi mendapatkan atau diberi anak laki-laki yang artinya akan mendapatkan rejeki. Teman sebangku saya waktu SMA pernah bercerita, ibunya mendapat sebuah mesin cuci, lemari pakaian, dan meja meja rias secara gratis dari hadiah undian dengan mengisi voucher berhadiah dari salah satu supermarket. Ternyata, sebelumnya ibunya bermimpi mendapatkan anak lai-laki. Tapi, kalu mimpi mendapatkan anak perempuan,maka sebliknya akan mendapatkan kesialan.

Selain itu, bahwa mimpi dicabut atau hilang gigi berarti akan ada yang meninggal dunia. Sahabat saya tersadar pada saat ayahanda tercintanya sudah lama meninggal, dia sempat bermimpi kehilangan giginya dua malam berturut-turut. Sayapun mengalami mimpi yang sama, mencabut gigi saya karena goyang sehabis makan gule yang masih bertulang. Saya sempat dibuat ketakutan, ketakutan akan ada seseorang yang saya sayangi akan meninggalkan saya selama-lamanya. Saya antara percaya dan tidak karena yang saya percayai bahwa kematian seseorang adalah di tangan Tuhan bukan di tangan mimpi..

0 komentar:

Posting Komentar